Artikel Berbobot

SEL.11.2-T5-8 Aksi Nyata (Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia )

Mohamad Saifudin Ihsan (260211105055)

LK Individu 24

M

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Setelah saya mempelajari topik ini saya mengetahui bahwa Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD sangat memiliki pengaruh terhadap pendidikan serta proses pembelajaran. Proses pembelajaran di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dapat berdampak pada pendidikan. Semua hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan keterampilan dan pengetahuan siswa yang beranekaragam.

E

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Hal yang saya pelajari dalam topik ini adalah Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD ini perlu untuk dipahami oleh seorang guru karena Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD merupakan zona dalam perkembangan pendidikan yang dapat. mempengaruhi perkembangan pendidikan peserta didik. Seorang guru perlu menyediakan bantuan maupun bimbingan yang tepat untuk membantu peserta didik untuk mencapai suatu potensi peserta didik secara optimal. Penting bagi guru dalam proses pembelajaran untuk memahami kemampuan peserta didik agar mampu memberikan stimulus yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

R

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada tahap ruang kolaborasi, saya degan rekan-rekan saling berbagi pandangan masing- masing anggota kelompok mengenai pembelajaran pada Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD yang sangat mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran. selain itu kami juga berbagi mengenai kesiapan mengajar dengan memperhatikan pembelajaran pada Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD untuk kegiatan pembelajaran yang efektif. dan pada akhir pembelajaran kami mempersatukan pemahaman mengenai persamaan dan perbedaan pendapat terkait Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD pada peserta didik.

D

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang saya peroleh yaitu pentingnya memahami penerapan Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD dalam pendidikan serta proses pembelajaran. Pada konsep ini pentingnya peran guru dalam membantu peserta didik mencapai potensi maksimal sehingga memungkinkan bagi seorang guru untuk merencanakan rencana pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik, serta menjadi fasilitator yang memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Melalui Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD sebagai bantuan yang dilakukan secara bertahap, peserta didik dapat mencapai potensi maksimalnya dan mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan kemampuan yang lebih tinggi dari hasil kolaborasi, interaksi sosial, dan bimbingan selama proses pembelajaran.

E

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini yang saya pahami terkait topik ini yaitu mengenai penerapan Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD berpengaruh dalam pendidikan dan proses pembelajaran. 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Diperlukan pemahaman bagi seorang guru memahami konsep Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD agar guru dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan pemahaman peserta didik, dan memberikan bantuan yang sesuai untuk membantu mengembangkan potensi peserta didik serta mencapai pertumbuhan yang optimal dalam proses pembelajaran. 

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Dengan demikian, saya ingin lebih mempelajari mengenai pendekatan, metode, dan model pembelajaran yang sesuai dalam penerapan Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD pada proses pembelajaran.

K

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Koneksi antar materi pada topik ini yaitu berkaitan dengan mata kuliah filosofi pendidikan, pemahaman siswa dan pembelajarannya, perancangan dan pengembangan kurikulum, serta prinsip dan pengajaran asesmen 1. Keterkaitan antara topik ini dengan filosofi pendidikan yaitu hubungan dengan materi ini memahami Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD peserta didik sesuai dengan kodrat alam dan zamannya, seperti gaya belajar maupun latar belakang budayanya, serta berkaitan dengan sistem among yaitu mndidik dan menuntun peserta didik dengan penuh kasi sayang untuk mengembangkan potensinya. Kaitannya dengan pernahaman peserta didik dan pembelajaran yaitu keberagaman karakteristik peserta didik yang perlu dipahami untuk menentukan strategi yang sesuai dengam kemampuan awal maupun Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD peserta didik dengan membuat rencana pembelajaran berdiferensiasi. Adapun dengan prinsip pengajaran dan asesmen 1. berkaitan dengan melaksanakan asesmen diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal atau ZPD peserta didik. Perancangan asesmen yang disusun sesuai dengan level kemampuan peserta didik.

A

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Pembelajaran ini sangat menunjang kesiapan saya sebagai seorang guru. Kesiapan mengajar menggunakan Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD harus memperhatikan beberapa hal yaitu memahami tingkat kemampuan, minat belajar, kemampuan, perkembangan dan keterampilan peserta didik. Dengan menetapkan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Memilih materi ajar yang sesuai dengan tujuan serta karakteristik peserta didik, membuat asesmen yang selaras. Hal ini dapat membuat persiapan mengajar lebih baik dan kualitas belajar mengajar yang lebih maksimal. 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saya menilai kesiapan mengajar saya yakni dalam skala 8 dari 10. Hal ini dikarenakan peiapan mengajar saya telah bertambah seiring dengan materi yang telah saya pelajari mengenai Pendekatan, strategi, metode dan Teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD. Namun, pada topik selanjutnya masih akan ada banyak yang dipelajari tentang kesiapan mengajar dan kesiapan menjadi seorang guru. 

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Dan hal yang perlu saya siapkan lebih lanjut yaitu bagaimana menerapkan konsep ini dalam pembelajaran dengan mengkombinasikan dengan strategi pembelajaran yang lainnya.

Komentar

Artikel populer

Keterampilan Kepramukaan.

SEL.02.2-T3-2b Diskusi Mulai Dari Diri